Rabu, 09 Juli 2008

definisi Mutu Produk

- Pengertian Mutu menurut Raymond MC Leod adalah “Kesesuaian dengan spesifikasi pelanggan”. Halaman 99,diterjemahkan oleh Hendra Teguh dalam Buku Sistem Informasi Manajemen, tahun 1997, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
- Mongomery yang dikutip Suprapto menyatakan "Quality is extent to which products meet the requirements of people who use them" jadi mutu merupakan batasan dimana produk telah sesuai dengan kebutuhan dari orang-orang yang menggunakan produk tersebut. Halaman 2 dalam buku Teori dan Aplikasinya, Karangan J. Suprapto, penerbit Erlangga, Jakarta
- Philips B. Crosby dikutip Rudi Suardi menyatakan : “Mutu berarti kesesuaian terhadap persyaratan”. Halaman 2 dalam buku Sistem Manajemen Mutu Iso 9000:2000, penerbit PPM tahun 2003,
- Pengertian Mutu Menurut Sofyan Assauri adalah “Faktor-faktor yang terdapat dalam suatu barang/hasil tersebut sesuai dengan tujuan untuk apa barang atau hasil itu dimaksudkan”. Halaman 221, dalam buku Manajemen Pemasaran : Dasar,Konsep dan strategi, Tahun 2000 penerbit CV Rajawali, Jakarta.
Definisi Produk
- Basu Swastha menyatakan bahwa produk merupakan suatu sifat komplek baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, yang terima oleh pembeli untuk memenuhi keinginan atau kebutuhannya, halaman 94 dalam bukunya yang berjudul Saluran Pemasaran tahun 1994 penerbit BPFE, Yogyakarta.
- Fandy Tjiptono mengemukakan bahwa “ Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibelikan, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan”. Halaman 95 dalam bukunya yang berjudul Kerangka Dasar Manajemen Pemasaran, tahun 2002, penerbit PT.Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.
- Werren J. Keegan terjemahan Herawan Kartajaya mendefinisikan produk sebagai koleksi sifat-sifat fisik, Jasa, dan simbolis, yang menghasilkan kepuasan, atau manfaat, bagi seorang pengguna atau pembeli, halaman 73 dalam buku Prinsip Pemasaran, tahun 1996, penerbit Erlangga, Jakarta.
- Saefullah secara klonseptual mendefinisikan Produk sebagai berikut : “ Pemahaman subjektif dari produsen atas sesuatu yang bisa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen sesuai dengan kompetensi dan kapasitas organisasi serta daya beli pasar”. Halaman 95 dalam bukunya Pemasaran Jasa tahun 2002, penerbit Andy Offside, Yogyakarta.
Definisi Mutu Produk
Gasperz Vincent (1997 : 58) terjemahan Agus Puswanta, mengemukakan tentang mutu produk sebagai berikut :
“Mutu produk berpusat pada upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaiannya untuk mengimbangi konsumen. Dengan kata lain ada dua faktor utama yang mempengaruhi mutu produk, yaitu expected service dan perceived service, apabila produk yang diterima atau dirasakan (perceived service) sesuai dengan yang diharapkan, maka mutu produk dipersepsikan baik dan memuaskan. Jika produk yang diterima melampaui harapan konsumen, maka mutu produk dipersepsikan sebaai mutu yang ideal. Sebaliknya jika produk yang diterima lebih rendah daripada yang diharapkan, maka mutu produk dipersepsikan buruk”.

Volume Penjualan
- Menurut Winardi dalam buku “Pengantar Tentang Riset Pemasaran”, tahun 2003, penerbit Mandar Maju, Bandung, halaman 112 menyatakan bahwa :
“ Penjualan (selling) didefinisikan sebagai proses dimana sang penjual memastikan, mengaktivasi dan memuaskan sang pembeli agar dicapai manfaat, baik bagi sang penjual maupun bagi sang pembeli yang berkelanjutan dan menguntungkan bagi kedua belah pihak:.
- Menurut Sutanto dalam bukunya “Tehnik Menjual Barang” Tahun 2002, Penerbit PT.Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta ,halaman 87 menyatakan :
“Penjualan adalah usaha yang dilakukan oleh manusia untuk menyampaikan barang kebutuhan yang telah dihasilkan kepada mereka yang memerlukan dengan imbalan harga yang ditentukan atas persetujuan bersama”.
- Tujuan penjualan dinyatakan dalam volume penjualan. Tujuan ini dapat dipecahkan berdasarkan penentuan apakah volume penjualan yang ingin dicapai itu berdasarkan per wilayah operasi atau per salesperson didlam suatu wilayh operasi. Tujuan operasi juga biasanya dinyatakan dalam target gross margin, tingkat pengeluaran maksimum, atau pencapaian tujuan tertentu seperti merebut pelanggan pesaing, halaman 249 dalam buku Strategi pemasaran, karangan Fandy Tjiptono, Edisi ke II tahun 1997, penerbit C.V Andi Offset, Yogyakarta
- Volume penjualan dapat dijabarkan sebagai umpan balik dari kegiatan pemasaran yang dilaksanakan oleh perusahaan. Penjualan mempunyai pengertian yang bermacam-macam tergantung pada lingkup permasalahan yang sedang dibahas. Menurut Kotler dan Amstrong (1998), penjualan dalam lingkup kegiatan, sering disalah artikan dengan pengertian pemasaran. Penjualan dalam lingkup ini lebih berarti tindakan menjual barang atau jasa. Kegiatan pemasaran adalah penjualan dalam lingkup hasil atau pendapatan berarti penilaian atas penjualan nyata perusahaan dalam suatu periode.dalam buku Marketing: an Intruduction, edisi ke 3, penerbit Prentice-Hall inc, new jersey
- Menurut Swastha dan Irawan (2000), permintaan pasar dapat diukur dengan menggunakan volume fisik maupun volume rupiah. Berdasarkan pendapat Swastha dan Irawan tersebut, pengukuran volume penjualan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu didasarkan jumlah unit produk yang terjual dan didasarkan pada nilai produk yang terjual (omzet penjualan). Volume penjualan yang diukur berdasarkan unit produk yang terjual, yaitu jumlah unit penjualan nyata perusahaan dalam suatu periode tertentu, sedangkan nilai produk yang terjual (omzet penjualan), yaitu jumlah nilai penjualan nyata perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dalam buku Manajemen Pemasaran Modern, Penerbit Liberty Yogyakarta.
Definisi Operasional
Mutu produk adalah suatu karakteristik barang atau jasa yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan konsumen baik berupa kebutuhan yang dinyatakan maupun kebutuhan yang tersirat.
Penjualan adalah usaha yang dilakukan oleh manusia untuk menyampaikan barang kebutuhan yang telah dihasilkan kepada mereka yang memerlukan dengan imbalan harga yang ditentukan atas persetujuan bersama
Volume penjualan adalah hasil dari usaha pejualan yang ditentukan berdasarkan jumlah unit yang terjual pada periode tertentu,berdasarkan hari, bulan dan tahun.

Tidak ada komentar: